Minggu, 14 November 2010

Sistem Operasi Berbasis GUI

Sebuah antarmuka pengguna grafis (GUI), sering diucapkan lengket, [1] adalah jenis antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan program dengan cara yang lebih dari mengetik seperti komputer , perangkat genggam seperti MP3 player, portable media player atau game perangkat; peralatan rumah tangga dan peralatan kantor dengan gambar daripada perintah teks. A GUI offers graphical icons , and visual indicators, as opposed to text-based interfaces, typed command labels or text navigation to fully represent the information and actions available to a user. Sebuah GUI menawarkan grafis ikon , dan indikator visual, sebagai lawan berbasis teks antarmuka, label perintah diketik atau navigasi teks untuk sepenuhnya mewakili informasi dan tindakan yang tersedia untuk pengguna. The actions are usually performed through direct manipulation of the graphical elements. [ 2 ] Tindakan ini biasanya dilakukan melalui manipulasi langsung dari elemen grafis. [2]
The term GUI is historically restricted to the scope of two-dimensional display screens with display resolutions capable of describing generic information, in the tradition of the computer science research at the Palo Alto Research Center (PARC). Istilah GUI secara historis terbatas pada lingkup dimensi tampilan layar-dua dengan resolusi layar mampu menjelaskan informasi umum, dalam tradisi ilmu komputer riset di Palo Alto Research Center (PARC). The term GUI earlier might have been applicable to other high-resolution types of interfaces that are non-generic, such as videogames , or not restricted to flat screens, like volumetric displays . [ 3 ] Istilah GUI sebelumnya mungkin telah berlaku untuk resolusi tinggi lainnya jenis antarmuka yang non-generic, seperti videogame , atau tidak terbatas pada layar datar, seperti menampilkan volumetrik . [3]

Prekursor

A precursor to GUIs was invented by researchers at the Stanford Research Institute , led by Douglas Engelbart . Sebuah pendahulu untuk GUI diciptakan oleh peneliti di Stanford Research Institute , dipimpin oleh Douglas Engelbart . They developed the use of text-based hyperlinks manipulated with a mouse for the On-Line System . Mereka mengembangkan penggunaan berbasis teks hyperlink dimanipulasi dengan mouse untuk On-Line System . The concept of hyperlinks was further refined and extended to graphics by researchers at Xerox PARC , who went beyond text-based hyperlinks and used a GUI as the primary interface for the Xerox Alto computer . Konsep hyperlink selanjutnya disempurnakan dan diperluas untuk grafis oleh para peneliti di Xerox PARC , yang melampaui hyperlink berbasis teks dan menggunakan GUI sebagai antarmuka utama untuk Xerox Alto komputer . Most modern general-purpose GUIs are derived from this system. Paling modern tujuan umum GUI berasal dari sistem ini. As a result, some people [ who? ] call this class of interface a PARC User Interface (PUI) (note that PUI is also an acronym for perceptual user interface ). [ 4 ] Akibatnya, beberapa orang [ siapa? ] panggilan kelas ini antarmuka PARC User Interface (Pui) (dicatat bahwa Pui juga merupakan akronim untuk antarmuka pengguna perseptual ). [4]
Ivan Sutherland developed a pointer-based system called the Sketchpad in 1963. Ivan Sutherland mengembangkan sebuah sistem berbasis pointer disebut Sketchpad pada tahun 1963. It used a light-pen to guide the creation and manipulation of objects in engineering drawings. Ini menggunakan pena cahaya untuk membimbing penciptaan dan manipulasi obyek dalam gambar teknik.

user interface PARC

The PARC user interface consisted of graphical elements such as windows , menus , radio buttons , check boxes and icons . User interface PARC terdiri dari unsur-unsur grafis seperti windows , menu , tombol radio , kotak centang dan ikon . The PARC user interface employs a pointing device in addition to a keyboard. Antarmuka pengguna PARC mempekerjakan perangkat penunjuk di samping keyboard. These aspects can be emphasized by using the alternative acronym WIMP , which stands for windows , icons , menus and pointing device . Aspek-aspek dapat ditekankan dengan menggunakan singkatan alternatif pengecut , yang berdiri untuk jendela, ikon, menu dan perangkat penunjuk .

Evolusi

The Xerox Star Workstation introduced the first GUI operating systems as shown above. Xerox Star Workstation memperkenalkan sistem operasi pertama GUI seperti yang ditunjukkan di atas.
Following PARC the first GUI-centric computer operating model was the Xerox 8010 Star Information System in 1981, [ 5 ] followed by the Apple Lisa (which presented the concept of menu bar as well as window controls) in 1983, the Apple Macintosh 128K in 1984, and the Atari ST and Commodore Amiga in 1985. Setelah PARC yang sentris pertama GUI-komputer model operasi adalah Xerox 8010 Star Information System pada tahun 1981, [5] diikuti oleh Lisa Apple (yang disajikan konsep bar menu serta kontrol jendela) pada tahun 1983, Apple Macintosh 128K di 1984, dan Atari ST dan Commodore Amiga pada tahun 1985.
The GUIs familiar to most people today are Mac OS X , Microsoft Windows , and X Window System interfaces. Apple , IBM and Microsoft used many of Xerox's ideas to develop products, and IBM's Common User Access specifications formed the basis of the user interface found in Microsoft Windows, IBM OS/2 Presentation Manager , and the Unix Motif toolkit and window manager . The GUI akrab bagi kebanyakan orang saat ini adalah Mac OS X , Microsoft Windows , dan X Window System interface. Apple , IBM dan Microsoft yang digunakan banyak ide-ide Xerox untuk mengembangkan produk, dan IBM Pengguna Common Akses spesifikasi membentuk dasar dari antarmuka pengguna yang ditemukan di Microsoft Windows, IBM OS / 2 Presentation Manager , dan Unix Motif toolkit dan window manager . These ideas evolved to create the interface found in current versions of Microsoft Windows, as well as in Mac OS X and various desktop environments for Unix-like operating systems , such as Linux . Ide-ide ini berkembang untuk membuat interface yang ditemukan di versi terkini dari Microsoft Windows, juga di Mac OS X dan berbagai lingkungan desktop untuk Unix-seperti sistem operasi , seperti Linux . Thus most current GUIs have largely common idioms. Jadi paling GUI saat ini memiliki idiom sebagian besar umum.

Komponen

A GUI uses a combination of technologies and devices to provide a platform the user can interact with, for the tasks of gathering and producing information. Sebuah GUI menggunakan kombinasi teknologi dan perangkat untuk menyediakan sebuah platform pengguna dapat berinteraksi dengan, untuk tugas-tugas pengumpulan dan menghasilkan informasi.
A series of elements conforming a visual language have evolved to represent information stored in computers. Serangkaian unsur-unsur sesuai dengan bahasa visual telah berevolusi untuk mewakili informasi yang tersimpan di komputer. This makes it easier for people with few computer skills to work with and use computer software. Hal ini membuat lebih mudah bagi orang-orang dengan sedikit keterampilan komputer untuk bekerja dengan dan menggunakan perangkat lunak komputer. The most common combination of such elements in GUIs is the WIMP ("window, icon, menu, pointing device") paradigm, especially in personal computers . Yang umum kombinasi yang paling dari unsur-unsur tersebut dalam GUI adalah pengecut ("jendela, ikon, menu, perangkat penunjuk") paradigma, terutama di komputer pribadi .
The WIMP style of interaction uses a physical input device to control the position of a cursor and presents information organized in windows and represented with icons. Gaya pengecut interaksi menggunakan fisik perangkat input untuk mengontrol posisi dari kursor dan menyajikan informasi yang terorganisir di windows dan diwakili dengan ikon. Available commands are compiled together in menus, and actions are performed making gestures with the pointing device. Perintah yang tersedia yang disusun bersama dalam menu, dan tindakan yang dilakukan membuat gerakan dengan perangkat penunjuk. A window manager facilitates the interactions between windows, applications, and the windowing system . Sebuah window manager memfasilitasi interaksi antara jendela aplikasi, dan sistem windowing . The windowing system handles hardware devices such as pointing devices and graphics hardware, as well as the positioning of the cursor. Para sistem windowing menangani perangkat keras seperti menunjuk perangkat dan hardware grafis, serta posisi kursor.
In personal computers all these elements are modeled through a desktop metaphor , to produce a simulation called a desktop environment in which the display represents a desktop, upon which documents and folders of documents can be placed. Window managers and other software combine to simulate the desktop environment with varying degrees of realism. Pada komputer pribadi semua elemen ini dimodelkan melalui metafora desktop , untuk menghasilkan simulasi yang disebut lingkungan desktop yang layar merupakan desktop, yang di atasnya dokumen dan folder dokumen dapat ditempatkan. manajer Window dan perangkat lunak lain bergabung untuk mensimulasikan desktop lingkungan dengan berbagai tingkat realisme.

[ edit ] Post-WIMP interfaces [ sunting ]-penakut antarmuka Post

Smaller mobile devices such as PDAs and smartphones typically use the WIMP elements with different unifying metaphors, due to constraints in space and available input devices. perangkat mobile kecil seperti PDA dan smartphone biasanya menggunakan unsur-unsur pemersatu pengecut dengan metafora yang berbeda, karena kendala dalam perangkat input yang tersedia dan ruang. Applications for which WIMP is not well suited may use newer interaction techniques , collectively named as post-WIMP user interfaces. [ 6 ] Aplikasi yang pengecut yang tidak cocok dapat menggunakan lebih baru teknik interaksi , secara kolektif disebut sebagai pasca-pengecut antarmuka pengguna. [6]
Some touch-screen-based operating systems such as Apple's iOS and Android OS currently use post-WIMP styles of interaction. Beberapa layar berbasis sistem operasi-touch seperti Apple IOS dan Android OS saat ini menggunakan post-pengecut gaya interaksi. The iPhone 's use of more than one finger in contact with the screen allows actions such as pinching and rotating, which are not supported by a single pointer and mouse. [ 7 ] The iPhone menggunakan 's lebih dari satu jari bersentuhan dengan layar memungkinkan tindakan seperti mencubit dan berputar, yang tidak didukung oleh sebuah penunjuk tunggal dan mouse. [7]
A class of GUIs sometimes referred to as post-WIMP include 3D compositing window manager such as Compiz , Desktop Window Manager , and LG3D. [ citation needed ] Some post-WIMP interfaces may be better suited for applications which model immersive 3D environments, such as Google Earth . [ 8 ] Kelas GUI kadang-kadang disebut sebagai pasca-pengecut termasuk 3D compositing window manager seperti Compiz , Desktop Window Manager , dan LG3D. [ rujukan? ] Beberapa-pengecut interface pasca mungkin lebih baik cocok untuk aplikasi yang model immersive 3D lingkungan, seperti Google Earth . [8

Antarmuka pengguna dan desain interaksi

Designing the visual composition and temporal behavior of GUI is an important part of software application programming. Merancang komposisi visual dan perilaku temporal GUI merupakan bagian penting dari perangkat lunak aplikasi pemrograman. Its goal is to enhance the efficiency and ease of use for the underlying logical design of a stored program , a design discipline known as usability . Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan penggunaan untuk desain logis yang mendasari yang disimpan program , sebuah disiplin desain yang dikenal sebagai kegunaan . Techniques of user-centered design are used to ensure that the visual language introduced in the design is well tailored to the tasks it must perform. Teknik pengguna-desain yang berpusat digunakan untuk memastikan bahwa bahasa visual yang diperkenalkan dalam desain dengan baik disesuaikan dengan tugas yang harus dilakukan.
Typically, the user interacts with information by manipulating visual widgets that allow for interactions appropriate to the kind of data they hold. Biasanya, pengguna berinteraksi dengan informasi dengan memanipulasi visual widget yang memungkinkan untuk interaksi sesuai dengan jenis data yang mereka pegang. The widgets of a well-designed interface are selected to support the actions necessary to achieve the goals of the user. Widget dari antarmuka yang dirancang dengan baik dipilih untuk mendukung tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pengguna. A Model-view-controller allows for a flexible structure in which the interface is independent from and indirectly linked to application functionality, so the GUI can be easily customized. Sebuah Model-view-controller memungkinkan untuk struktur yang fleksibel di mana antarmuka yang independen dari dan tidak langsung terkait dengan fungsionalitas aplikasi, sehingga GUI dapat dengan mudah disesuaikan. This allows the user to select or design a different skin at will, and eases the designer's work to change the interface as the user needs evolve. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih atau desain yang berbeda kulit di akan, dan memudahkan perancang bekerja untuk mengubah antarmuka sebagai pengguna kebutuhan berevolusi. Nevertheless, good user interface design relates to the user, not the system architecture. Namun demikian, pengguna desain antarmuka yang baik berhubungan dengan pengguna, bukan arsitektur sistem.
The visible graphical interface features of an application are sometimes referred to as "chrome". [ 9 ] Larger widgets, such as windows, usually provide a frame or container for the main presentation content such as a web page, email message or drawing. Fitur Antarmuka grafis terlihat dari aplikasi kadang-kadang disebut sebagai "krom". [9] widget yang lebih besar, seperti jendela, biasanya menyediakan bingkai atau wadah untuk konten presentasi utama seperti halaman web, pesan email atau gambar. Smaller ones usually act as a user-input tool. yang lebih kecil biasanya bertindak sebagai alat input pengguna.
A GUI may be designed for the rigorous requirements of a vertical market . Sebuah GUI dapat dirancang untuk persyaratan ketat dari pasar vertikal . This is known as an "application specific graphical user interface." Ini dikenal sebagai "antarmuka pengguna grafis aplikasi spesifik." Among early application specific GUIs was Gene Mosher 's 1986 Point of Sale touchscreen GUI . Di antara spesifik aplikasi GUI awal Gene Mosher 's 1986 Point of Sale touchscreen GUI . Other examples of an application specific GUIs are: Lain contoh aplikasi GUI khusus adalah:
  • Self-service checkouts used in a retail store Self-service checkout digunakan di toko eceran
  • Automated teller machines (ATM) Mesin teller otomatis (ATM)
  • Airline self-ticketing and check-in Airline diri ticketing dan check-in
  • Information kiosks in a public space, like a train station or a museum Informasi kios di ruang publik, seperti stasiun kereta api atau museum
  • Monitors or control screens in an embedded industrial application which employ a real time operating system (RTOS). Monitor atau kontrol layar dalam aplikasi industri melekat yang menerapkan sistem operasi real time (RTOS).
The latest cell phones and handheld game systems also employ application specific touchscreen GUIs. Telepon seluler terbaru dan sistem permainan genggam juga mempekerjakan GUI aplikasi touchscreen spesifik. Newer automobiles use GUIs in their navigation systems and touch screen multimedia centers. mobil baru menggunakan GUI dalam sistem navigasi mereka dan layar sentuh pusat multimedia.

interface Command

Modern CLI Modern CLI
GUIs were introduced in reaction to the steep learning curve of command-line interfaces (CLI), [ 10 ] [ 11 ] [ 11 ] which require commands to be typed on the keyboard . GUI diperkenalkan sebagai reaksi terhadap curam kurva belajar dari command-line interface (CLI), [10] [11] [11] yang perlu perintah untuk diketik pada keyboard . Since the commands available in command line interfaces can be numerous, complicated operations can be completed using a short sequence of words and symbols. Karena perintah yang tersedia di antarmuka baris perintah bisa banyak, operasi yang rumit dapat diselesaikan dengan menggunakan urutan singkat kata-kata dan simbol. This allows for greater efficiency and productivity once many commands are learned, [ 10 ] [ 11 ] [ 11 ] but reaching this level takes some time because the command words are not easily discoverable and not mnemonic. WIMPs ("window, icon, menu, pointing device"), on the other hand, present the user with numerous widgets that represent and can trigger some of the system's available commands. Hal ini memungkinkan untuk efisiensi dan produktivitas yang lebih banyak sekali perintah dipelajari, [10] [11] [11] tetapi mencapai tingkat ini membutuhkan waktu beberapa karena kata-kata perintah tidak mudah ditemukan dan tidak mnemonic. WIMPs ("jendela, ikon, menu, Perangkat penunjuk "), di sisi lain, hadir dengan berbagai widget yang mewakili dan dapat memicu beberapa yang tersedia perintah sistem.
WIMPs extensively use modes as the meaning of all keys and clicks on specific positions on the screen are redefined all the time. WIMPs ekstensif menggunakan mode sebagai makna semua kunci dan klik pada posisi tertentu di layar yang didefinisikan ulang sepanjang waktu. Command line interfaces use modes only in limited forms, such as the current directory and environment variables. Command line interface menggunakan moda hanya dalam bentuk terbatas, seperti direktori saat ini dan variabel lingkungan.
Most modern operating systems provide both a GUI and some level of a CLI, although the GUIs usually receive more attention. Paling modern sistem operasi menyediakan kedua GUI dan beberapa tingkat CLI, meskipun GUI biasanya menerima lebih banyak perhatian. The GUI is usually WIMP-based, although occasionally other metaphors surface, such as those used in Microsoft Bob , 3dwm or File System Visualizer (FSV). GUI biasanya pengecut berbasis, meskipun metafora permukaan lainnya kadang-kadang, seperti yang digunakan dalam Microsoft Bob , 3dwm atau File System Visualizer (FSV).
Applications may also provide both interfaces, and when they do the GUI is usually a WIMP wrapper around the command-line version. Aplikasi juga dapat menyediakan baik interface, dan ketika mereka melakukan GUI biasanya pembungkus pengecut sekitar versi baris perintah. This is especially common with applications designed for Unix-like operating systems. Hal ini terutama umum dengan aplikasi yang dirancang untuk Unix-seperti sistem operasi. The latter used to be implemented first because it allowed the developers to focus exclusively on their product's functionality without bothering about interface details such as designing icons and placing buttons. Yang terakhir digunakan untuk diimplementasikan pertama karena memungkinkan para pengembang untuk secara eksklusif memfokuskan pada fungsi produk mereka tanpa mengganggu tentang rincian antarmuka seperti merancang ikon dan menempatkan tombol. Designing programs this way also allows users to run the program non-interactively, such as in a shell script . Mendesain program-program cara ini juga memungkinkan pengguna untuk menjalankan program non-interaktif, misalnya di dalam shell script .

dimensi user interface-Tiga

For typical computer displays, three-dimensional is a misnomer—their displays are two-dimensional. Untuk menampilkan komputer umum, tiga-dimensi adalah sebuah ironi-layar mereka adalah dua-dimensi. Semantically, however, most graphical user interfaces use three dimensions - in addition to height and width, they offer a third dimension of layering or stacking screen elements over one another. Semantis, namun sebagian besar user interface grafis menggunakan tiga dimensi - di samping tinggi dan lebar, mereka menawarkan dimensi ketiga dari layering atau menumpuk elemen layar lebih dari satu sama lain. This may be represented visually on screen through an illusionary transparent effect, which offers the advantage that information in background windows may still be read, if not interacted with. Hal ini dapat diwakili visual di layar melalui efek transparan ilusi, yang menawarkan keuntungan bahwa informasi dalam jendela latar belakang masih dapat dibaca, jika tidak berinteraksi dengan. Or the environment may simply hide the background information, possibly making the distinction apparent by drawing a drop shadow effect over it. Atau lingkungan mungkin hanya menyembunyikan informasi latar belakang, mungkin membuat perbedaan nyata dengan menggambar efek drop shadow di atasnya.
Some environments use the techniques of 3D graphics to project virtual three dimensional user interface objects onto the screen. Beberapa lingkungan menggunakan teknik-teknik grafis 3D untuk proyek virtual tiga dimensi obyek antarmuka pengguna ke layar. As the processing power of computer graphics hardware increases, this becomes less of an obstacle to a smooth user experience. Sebagai kekuatan pemrosesan meningkat perangkat keras komputer grafis, ini menjadi kurang dari sebuah rintangan untuk pengalaman pengguna yang halus.

Motivasi

Three-dimensional GUIs are quite common in science fiction literature and movies, such as in Jurassic Park , which features Silicon Graphics ' three-dimensional file manager, "File system navigator", an actual file manager that never got much widespread use as the user interface for a Unix computer. -Dimensi Tiga GUI cukup umum dalam literatur fiksi ilmiah dan film, seperti di Jurassic Park , yang menampilkan Silicon Graphics file manager-dimensi tiga ', "Berkas navigator sistem", sebuah file manager yang sebenarnya yang tidak pernah mendapat banyak digunakan secara luas sebagai pengguna interface untuk komputer Unix. In fiction, three-dimensional user interfaces are often immersible environments like William Gibson's Cyberspace or Neal Stephenson's Metaverse . Dalam fiksi, dimensi user interface-tiga sering lingkungan immersible seperti William Gibson Cyberspace atau Neal Stephenson Metaverse .
Three-dimensional graphics are currently mostly used in computer games, art and computer-aided design (CAD). Tiga dimensi grafis saat ini banyak digunakan di komputer seni permainan, dan -dibantu desain komputer (CAD). There have been several attempts at making three-dimensional desktop environments like Sun's Project Looking Glass or SphereXP from Sphere Inc. A three-dimensional computing environment could possibly be used for collaborative work. Ada beberapa usaha untuk membuat dimensi lingkungan desktop-tiga seperti Sun Proyek Looking Glass atau SphereXP dari Sphere Inc A dimensi lingkungan komputasi tiga mungkin dapat digunakan untuk pekerjaan kolaboratif. For example, scientists could study three-dimensional models of molecules in a virtual reality environment, or engineers could work on assembling a three-dimensional model of an airplane. Sebagai contoh, para ilmuwan bisa mempelajari model dimensi tiga molekul dalam lingkungan virtual reality, atau insinyur bisa bekerja pada merakit model tiga dimensi dari pesawat terbang. This is a goal of the Croquet project and Project Looking Glass . [ 12 ] Ini adalah tujuan dari proyek Helipad dan Proyek Looking Glass . [12]

Teknologi

The use of three-dimensional graphics has become increasingly common in mainstream operating systems, from creating attractive interfaces— eye candy — to functional purposes only possible using three dimensions. Penggunaan grafis tiga dimensi telah menjadi semakin umum dalam sistem operasi mainstream, dari menciptakan menarik interface- permen mata - untuk tujuan fungsional hanya mungkin menggunakan tiga dimensi. For example, user switching is represented by rotating a cube whose faces are each user's workspace, and window management is represented via a Rolodex -style flipping mechanism in Windows Vista (see Windows Flip 3D ). Sebagai contoh, switching pengguna diwakili dengan memutar sebuah kubus yang wajah pengguna ruang kerja masing-masing, dan manajemen jendela direpresentasikan melalui Rolodex membalik mekanisme gaya-in Windows Vista (lihat Windows Flip 3D ). In both cases, the operating system transforms windows on-the-fly while continuing to update the content of those windows. Dalam kedua kasus, sistem operasi mengubah windows on-the-fly sambil terus memperbarui isi dari jendela.
Interfaces for the X Window System have also implemented advanced three-dimensional user interfaces through compositing window managers such as Beryl , Compiz and KWin using the AIGLX or XGL architectures, allowing for the usage of OpenGL to animate the user's interactions with the desktop. Antarmuka untuk X Window System juga telah menerapkan tiga dimensi user interface-maju melalui compositing window manager seperti Beryl , Compiz dan KWin menggunakan AIGLX atau XGL arsitektur, sehingga memungkinkan untuk penggunaan OpenGL untuk menghidupkan interaksi pengguna dengan desktop.
Another branch in the three-dimensional desktop environment is the three-dimensional GUIs that take the desktop metaphor a step further, like the BumpTop , where a user can manipulate documents and windows as if they were "real world" documents, with realistic movement and physics. Cabang lain di lingkungan desktop dimensi-tiga dimensi adalah GUI tiga yang mengambil metafora desktop langkah lebih lanjut, seperti BumpTop , di mana pengguna dapat memanipulasi dokumen dan jendela seolah-olah mereka "dunia nyata" dokumen, dengan gerakan realistis dan fisika.
The Zooming User Interface (ZUI) is a related technology that promises to deliver the representation benefits of 3D environments without their usability drawbacks of orientation problems and hidden objects. The Zooming User Interface (Zui) adalah teknologi yang berhubungan yang menjanjikan untuk memberikan manfaat representasi 3D lingkungan tanpa kelemahan kegunaan mereka masalah orientasi dan benda-benda tersembunyi. It is a logical advancement on the GUI, blending some three-dimensional movement with two-dimensional or " 2.5D " vector objects. Ini merupakan kemajuan logis pada GUI, pencampuran beberapa tiga-dimensi gerakan dengan dua dimensi atau " 2.5D "objek vektor.

http://translate.google.co.id/translate?js=n&prev=_t&hl=id&ie=UTF-8&layout=2&eotf=1&sl=en&tl=id&u=http%3A%2F%2Fen.wikipedia.org%2Fwiki%2FGraphical_user_interface

0 komentar:

Poskan Komentar